Selasa, 08 Maret 2016

Mobile Computing dan Cloud Computing

Mobile Computing
Beberapa pengertian tentang mobile computing diantaranya : 
  1. Mobile computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi walaupun user melakukan perpindahan.
  2. Merupakan kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel).
  3. Merupakan sekumpulan peralatan(hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindahlokasi.
  4. Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang
  5. Tidak sama dengan wireless computing.

Cloud computing

          Gaya komputasi yang dinamis terukur dan sering virtual sumber daya disediakan sebagai layanan melalui internet. Pengguna tidak perlu memiliki pengetahuan, keahlian, atau kontrol atas infrastruktur teknologi di awan yang mendukung mereka

Keterkaitan Mobile dan Cloud Computing

  1. Mobile computing menggunakan teknologi mobile untuk menjalankannya seperti handphone, carputer dan ultra mobile PC, sedangkan cloud computing menggunakan PC pada umumnya untuk menjalankannya.  
  2.   Biaya untuk pengadaan energi bagi mobile computing cenderung lebih mahal dibanding cloud computing apabila tidak ada sumber daya listrik karena membutuhkan sumber daya pengganti yaitu baterei. 
  3.   Mobile computing tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya dibanding grid dan cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa kemana saja. 
  4.  Pada mobile computing, proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh user.
  5. Pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar