Selasa, 07 Oktober 2014

Contoh Jurnal Sistem Basis Data : Desain Database Sistem Informasi Penjualan Barang Study Kasus Minimarket ABC di Palembang

Pada bab yang sebelumnya telah dibahas oleh Reza tentang pendahuluan tentang judul diatas

Pada bagian ini saya akan menjelaskan perangkat desain database yang digunakan serta tujuan memakai desain database tersebut

1. Entity Relationship Diagram (ERD)


Entity relationship (ER) data model didasarkan pada persepsi terhadap dunia nyata yang tersusun atas kumpulan objek-objek dasar yang disebut entitas dan hubungan antarobjek (Simarmata & Paryudi, 2006:59). Entitas adalah sesuatu atau objek dalam dunia nyata yang dapat dibedakan dari objek lain.

2. Komponen - Komponen Penyusun ERD
  •  Entitas
  • Atribut
  • Relasi


3. Pemetaan Kardinalitas

Pemetaan kardinalitas menyatakan jumlah entitas di mana entitas lain dapat dihubungkan ke entitas tersebut melalui sebuah himpunan relasi.

a.    One to One

Sebuah entitas pada A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada A.

 
Contoh : Pada pengajaran privat, satu guru satu siswa. Seorang guru mengajar seorang siswa, seorang siswa diajar oleh seorang guru.

b.   One to Many/ Many to One

Sebuah entitas pada A berhubungan dengan lebih dari satu entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada A, atau sebaliknya (Many to One). 



Contoh : Dalam satu perusahaan, satu bagian mempekerjakan banyak pegawai. Satu bagian mempekerjakan banyak pegawai, satu pegawai kerja dalam satu bagian.

c.    Many To Many

Sebuah entitas pada A berhubungan dengan lebih dari satu entitas pada B dan sebuah entitas pada B berhubungan dengan lebih dari satu entitas pada A.

 

Contoh : Dalam universitas, seorang mahasiswa dapat mengambil banyak mata kuliah. Satu mahasiswa mengambil banyak mata kuliah dan satu mata kuliah diambil banyak mahasiswa.

 

4. Desain Database Sistem
ERD Sederhana Dari Proses Bisnis.



Diagram ERD Setelah Dikembangkan.
Tujuan mengapa menggunakan ERD karena sistem ini banyak sekali keunggulan jika diterapkan dengan benar. Salah satunya bisa menghemat space penyimpanan karena tiap form atau tabel datanya saling berhubungan sehingga tidak perlu membuat data yang berulang –ulang, sangat cepat memposting nya karena tidak berulang ulang, data bisa diakses atau terhubung dengan berbagai data dan bisa membuat laporan entah laporan keuangan atau berbagai laporan secara cepat dan tepat.

Selanjutnya pada bagian kesimpulan akan dijelaskan oleh Lingga

Sumber

Nama Kelompok
  • Bayu Septian ( 51412398 )
  • Lingga Agung P ( 54412223 )
  • Reza Firmansyah ( 56412200 )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar